Walikota Tomohon Imbau Masyarakat Gunakan Gas Elpiji 3 Kilogram

0
145

Tomohon, —Menyukseskan program nasional konversi minyak tanah ke Elpiji 3 kilogram, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengimbau kepada masyarakat Kota Tomohon untuk menggunakan gas Elpiji 3 kilogram. Menurutnya, program tersebut merupakan salah satu kegiatan strategis dalam rangka pelaksanaan Kebijakan Energi Nasional (KEN) khususnya dalam rangka diversifikasi energy. 

‘’Kita harus menyuskseskan program nasional untuk mengurangi ketergantungan penggunaan energy yang berasal dari minyak bumi. Nah, salah satunya dengan mengalihkan ke energy lainnya dan terwujudnya energy primer yang optimal pada tahun 2025, yaitu petanan minyak bumi mnejadi kurang dari 20 persen dan peranan gas bumi menjadi lebih dari 30 persen terhadap konsumsi energy nasional,’’ kata walikota.

Jika telah menggunakan Elpiji lanjut Eman, masyarakat supaya memperhatikan cara penggunaan yang aman dan benar. ‘’Gunakan peralatan seperti tabung, kompor, regulator dan selang sesuai Standar Nasional Indonesia yang mulai berlaku akhir tahun 2008,’’ harapnya.

Kompor dan tabung Elpiji ditempatkan di tempat datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Idealnya, ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis Elpiji lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran akan berada di bagian bawah atau pintu dapur terbuka.

Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor. Tabung Elpiji diletakkan menjauh dari kompor atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas. Pasang regulator pada katup tabung Elpiji. Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katub tabung LPG, pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

‘’Ikuti apa yang telah disosialisasikan waktu lalu. Kalau belum tahu, jangan malu untuk bertanya kepada mereka yang tahu,’’ tukas Eman. (ark)

sumber : manadotoday.com

Leave a Reply