Varietas Krisan Ditetapkan Sebagai Bunga Khas Tomohon

0
260

Tomohon, InfoPublik – Dua varietas Krisan, yakni bunga  Krisan Riri (kuning) dan Krisan Kulo (putih), segera diresmikan secara nasional sebagai bunga asli (khas) Kota Tomohon, pada pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012, Rabu (8/8).

“Launching bunga Krisan khas Tomohon Riri dan Kulo (berasal dari bahasa daerah Tomohon artinya kuning dan putih) yang mempunyai ciri khas diameter 15 cm ini, akan dilakukan oleh Wakil Menteri Pertanian, esok hari,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Herry Mogi saat ditemui InfoPublik di Tomohon, Selasa (7/8).

Rangkaian penetapan Krisan Riri dan Krisan Kulo sebagai bunga khas kota Tomohon tersebut dilakukan Kementerian Pertanian melalui proses penelitian holtikultura dan juga sertifikasi yang dimulai sejak 2010. “Crysant adalah bunga yang paling banyak ada di Tomohon, karena itu juga dipilih, diharapkan kedepan akan ada basis untuk pengembangan,” ujarnya.

TIFF 2012 dimaksudkan sebagai wadah promosi pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulut khususnya ke Tomohon. TIFF 2012 juga diharapkan bisa memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pariwisata maupun ekonomi kreatif baik didalam negeri bahkan hingga ke mancanegara.

Penyelenggaraan TIFF 2012 meliputi empat kegiatan utama, yakni Tournament of Flower (TOF) yang berlangsung 8 Agustus, Kontes Ratu Bunga pada 10 Agustus, dan Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura, serta Festival Seni Budaya Nusantara yang berlangsung 8-12 Agustus 2012.(dry)

sumber

Leave a Reply