Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 Resmi Diluncurkan

0
153
TIFF 2012, Bawa Tomohon ke Mata Dunia
Wamenparekraf Sapta Nirwandar pada peresmian TIFF 2012 (Foto: Duwi/Okezone)

Wakil Menteri (wamen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (parekraf), Sapta Nirwandar bersama Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak meluncurkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta kantor Kementerian Parekraf, Rabu (18/07) malam. TIFF 2012 ini akan berlangsung di Kota Tomohon pada 08-12 Agustus 2012.


Penyelenggaraan TIFF 2012 yang mengangkat tema : “Wonderfull Tomohon” dimaksudkan sebagai wadah promosi pariwisata bersama dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulut khususnya ke Tomohon.
 
Wamen Parekraf yang juga sebagai Plt Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf menyatakan, TIFF 2012 memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pariwisata maupun ekonomi kreatif terutama pada kreatifitas bunga yang banyak dikembangkan masyarakat setempat. 

“TIFF harus gencar dipromosikan agar menjadi festival bunga international, seperti halnya festival yang terkenal ke seluruh dunia Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat,” kata Nirwandar.

Sementara Walikota Tomohon mengatakan, TIFF 2012 akan meliputi 4 kegiatan utama yakni Tournament of Flower (TOF) yang berlangsung 8 Agustus, Kontes Ratu Bunga pada 10 Agustus, Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura serta Festival Seni Budaya Nusantara yang berlangsung 8-12 Agustus 2012.
 
Penyelenggaraan TIFF 2012 akan diikuti oleh para peserta dari perwakilan negara- negara sahabat, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), 15 kabupaten/kota di Sulut, BUMN, BUMD serta perusahaan swasta dengan jumlah pengunjung pameran yang diperkirakan mencapai 30 ribu orang.

TIFF 2012 sebagai ivent 2 tahunan pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 sebagai Tournament of Flower (TOF) masih berskala nasional diikuti 46 kota se-Indonesia dengan jumlah pengunjung sebanyak 20 ribu orang. 

Pada penyelenggaraan kedua tahun 2010 ditingkatkan menjadi ivent berskala Internasioanl sebagai TIFF diikuti 82 peserta termasuk negara sahabat Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, Rusia dengan pengunjung sebanyak 25 ribu orang.

Hadir dalam upacara peluncuran TIFF 2012 antara lain Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, M Faried, Ketua DPRD Tomohon Andy Sengkey, Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas SH MH, para pejabat Essalon II, Anggota DPRD serta tokoh masyarakat Kota Tomohon, masyarakat Sulut yang ada di Jabodetabek dan juga yang berdomisili di Sulut. (maria wolajan)

Leave a Reply