Tomohon Sukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia

0
162

28 November 2011

HARI MENANAM POHON INDONESIA

DAN

BULAN MENANAM NASIONAL

SERTA GERAKAN PEREMPUAN MENANAM

 KOTA TOMOHON

Tomohon – Untuk mensukseskan Program Nasional “Menanam 1(satu) Miliyar Pohon”yang serentak dilaksanakan di seluruh pelosok daerah pada hari ini, Pemerintah Kota Tomohon yang disponsori oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan melaksanakan kegiatan yang bertajuk Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional serta Gerakan Perempuan Menanam Tahun 2011. Tempat yang menjadi simbol penanaman pohon di Kota Tomohon ini adalah di Lokasi Hutan Kota Tomohon Kelurahan Talete 1 Kecamatan Tomohon Tengah senin 28 november 2011.

Laporan yang disampaikan oleh Kadis Kehutanan dan perkebunan Tomohon, Ir.Corry Caroles memaparkan bahwa tujuan dari penanaman pohon ini adalah menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah longsor dan banjir dimusim hujan, menyerap karbon dioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industry pengelolahan kayu, pangan dan energy terbarukan.

Kegiatan ini juga memiliki sasaran utama yaitu untuk menjadikan lahan kritis, lahan tidak produktif dan lahan kosong menjadi hijau (cukup vegetasi), sehingga mampu memberikan fungsi sebagai daya dukung lahan serta dapat berfungsi mengurangi pemanasan global.

Caroles menambahkan selain menanam pohon di hutan kota, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tomohon telah mendistribusikan bibit pohon ke sekolah-sekolah, gereja-gereja melalui Wilayah, Mesjid, Kelurahan-kelurahan Se-Kota Tomohon dan ditanam secara serentak hari ini.

Plt. Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak dalam sambutanya mengatakan Kegiatan menanam pohon harus dilaksanakan terus menerus, karna aksi penanaman pohon ini merupakan salah satu gerakan moral yang mengajak semua pihak untuk mengubah pola pikir dari kebiasaan menebang pohon menjadi cinta menanam dan memelihara pohon, terlebih hutan kota yang masih sangat luas. Diketahui luas hutan kota tomohon ± 3.509,97 HA atau 23,84 % dari Luas Wilayah ± 14.721,78 HA atau 147,2178 KM2. Pada Kesempatan tersebut juga Eman mengajak kepada seluruh masyarakat dan juga sebagai warga Negara, untuk bersama-sama membangun hutan melalui penanaman dan pemeliharaan pohon guna masa depan anak cucu kita nantinya.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah perutusan dari SKPD jajaran Pemkot Tomohon,perutusan dari BUMN, BUMD, BUMS, Organisasi Agama, Sekolah Tingkat (SD-SMP-SMA/SMK), Perguruan Tinggi, Kelompok Tani, LSM/pencinta LIngkungan. Turut hadir dan terlibat dalam penanaman pohon yaitu Unsur FKPD Kota Tomohon, perwakilan Balai Diklat Kehutanan Makassar, Sekretaris Kota dan para pejabat eselon II dan III Pemkot Tomohon, Ketua Darma Wanita Tomohon, Ketua Bhayangkari Polres Tomohon dan jajarannya, perwakilan Persit kartika Chandra kirana kodim 1302 minahasa, Operasional Manager Bank Panin Kantor cabang manado, beberapa tokoh agama kota tomohon.

Disela-sela kegiatan, Plt.Walikota menyerahkan bibit tanaman pada kelompok tani, dan penyerahan bantuan dana untuk kegiatan hutan rakyat dan pemeliharaan hutan rakyat kepada kelompok tani dalam bentuk buku rekening bank. Pihak Bank Panin juga menyerahkan berupa bibit pohon kepada pemerintah kota tomohon yakni 5000 bibit trembesi, 50.000 bibit sengon dan 750 lembar polyback.

[tomohonkota.go.id]

Leave a Reply