Sosialisasi Raskin

0
144

Sosialisasi Raskin

Siaran Pers – Selasa, 12 Juni 2012

Dalam rangka untuk menciptakan koordinasi antara Tim Raskin Kecamatan dan Kota guna memperlancar terlaksananya program beras untuk keluarga miskin di Kota Tomohon Tahun 2012, Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kota Tomohon menggelar acara sosialisasi Pelaksanaan Program Beras Untuk Keluarga Miskin yang dilaksanakan di Aula Naga Mas Kelurahan Kamasi,12 Juni 2012. Didahului dengan laporan Panitia pelaksana, Kepala Bagian Administrasi perekonomian Bpk. Max Mentu, SE. Ak menguraikan bakwa maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk merumuskan berbagai permasalahan yang muncul di lapangan dalam penyelenggaraan kegiatan program beras untuk keluarga miskin, menyukseskan program pemerintah dalam rangka memberantas kemiskinan , serta berkurangnya beban pengeluaranRTS berdasarkan data Program Perlindungan Sosial (PPLS)- 11 BPS dan data PPLS- 11 BPS dalam mencukupi kebutuhan pangan, beras melalui pendistribusian beras bersubsidi sebanyak 180 Kg/RTS/thn dengan harga tembus Rp 1.600,00/Kg netto di titik Distribusi dan mewujdkan Pemerintahan yang baik(Good Govermance And Clean Govermance.

Sementara itu Walikota Tomohon Bpk Jimmy F. Eman, SE,Ak dalam sambutannya mengatakan demi keberhasilan pelaksanaan program penyaluran beras untuk keluarga miskin(Raskin) tahun 2012, perlu sinergitas antara para pelaku raskin di Kota Tomohon mulai dari Satuan Kerja(ATKER) Bilog, Tim Koordinasi Raskin Kota Tomohon, Para Camat, Para Lurah, Pelaksana Distribusi Di Tingkat Kelurahan Dan Masyarakat, pelaksanaan ini harus mengacu pada pedoman umum dan petunjuk teknis yang teklah ditetapkan. Penyaluran Raskin harus disalurkan sesuai ketentuan 6 tepat, yakni Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Waktu, Tepat Administrasi Dan Tepat Kualitas.

Lanjutnya Data Raskin di Kota Tomohon Per 9 mei 2012 yakni Jumlah RTS menurut PPLS 2008 sebesar 5.636 RTS, menurun PPLS 2011 sebesar 5.592 RTS usulan PemKot Tomohon Sebesar 7.500 RTS Dan rencan Pelaksanaan untuk bulan Juni S/D Desember 2012 sebesar 5.529 RTS, itu sesuai dengan hasil pendataan BPS Kota Tomohon dan telah disetujui oleh Menko Kesra, dari data diatas terjadi penurunan sebesar 44 RTS dari PPLS 2008 ke PPLS 2011 dan masih ada selisih antara usulan PemKot Tomohon dengan hasil PPLS 2011 sebesar 1.908 RTS.

Mengahiri sambutannya beliau mengharapkan sosialisasi ini dijadikan sebagai forum diskusi menyampaikan masalah dan pemecahan masalah penyaluran Raskin di Kota Tomohon, Dan juga Membuka secara resmi Acara Sosialisasi Raskin Kota Tomohon.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Perun Bulog Divisi Regional Sulut Dan Gorontalo Bpk. Muhamad Hsyim bersama rombongan, Kepala Bagian Sarana Perekonomian Biro Perekonomian Prov Sulut Bpk.Buslar Sanger, SE(kepala Sekertariat Raskin SULUT), Para Camat, Para Lurah dan Para peserta SOSIALISASI.

sumber : HUMAS Pemkot Tomohon

Leave a Reply