Ratu Bunga 2012 Sisca Venessia Iskandar, TIFF 2012

0
149

TOMOHON, —Setelah melewati karantina dan penilaian tim juri, akhirnya Sisca Venessia Iskandar, utusan Kota Padang Sumatra Barat dinobatkan sebagai Ratu Bunga tahun 2012 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tomohon dalam malam grand final di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon Jumat (10/8) serangkaian dengan Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2012.

Ketua Tim Juri Johny Sugiarto mewakili para juri yang terdiri dari Esti Reko Astuti, Marlina Van Passen-Rumansi, Drs Gerardus E Mogi, Ika Satrio Subroto serta dua juri kehormatan Coretta Kapojos dan Ratna Mariana memenangkan Sisca. Atas kemenangan tersebut, ia berhak atas hadiah uang tunai sejumlah Rp 20 juta bersama hadiah lainnya.

Sebagai wakil satu atau juara kedua, Lydia Juliana Rumangkang Minahasa Selatan Sulawesi Utara dan berhak atas hadiah uang tunai Rp 15 juta ditambah sejumlah hadiah, sedangkan wakil II atau juara ketiga jatuh pada Megia, utusan Cilegon Banten.

Saat memberikan penjelasan, Ketua Tim Juri Johny Sugiarto mengatakan, penilaian dilakukan bukan hanya pada malam final tapi sejak mereka dikarantina pada 7 Agustus lalu.

‘’Ini merupakan hasil seleksi super ketat. Tak heran jika kami sesama juri sering berdebat dengan hasil yang mereka capai,’’ katanya.

Sementara Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, Kota Tomohon identic dengan bunga. Jadi, even yang dilaksanakan ini berhubungan dengan potensi yang dimiliki Kota Tomohon.

‘’Tidak semua daerah bisa menjadi penghasil bunga, namun hanya yang berada pada ketinggian tertentu. Budaya menanam bunga di Kota Tomohon sudah sejak tahun seribu tujuh ratusan,’’ tukas walikota.

Sementara dalam laporannya, Ketua Panitia TIFF 2012 Dr Arnold Poli SH MAP mengatakan, sebenarnya, jumlah peserta ada 30 orang. Tapi, 5 lainnya gugur karena sakit dan sebab lainnya. Jadi, yang ikut hingga malam grand final ada 25 kontestan. (ark) sumber

Leave a Reply