Launching Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)

0
102

Tomohon – melalui Bidang Adminstrasi Pembangunan Sekretariat daerah kota Tomohon dilaksanakan acara Launching Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE). Dalam Laporannya Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Menyampaikan maksud dan tujuan di adakan kegitan ini yaitu dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik di harapkan dapat menyempurnakan system pemilihan penyediaan barang/jasa pemerintah yang di lakukan selama ini, agar dapat lebih meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi selain itu juga pengadaan barang/jasa secara elektronik juga dapat mewujudkan pasar pengadaan nasional sehingga meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat serta mampu memberikan akses informasi yang real time.

Dalam sambutan yang di bawakan oleh Plt. Walikota Tomohon menjelaskan bahwa layanan pengadaan secara elektronik adalah: Praktek pebgadaan barang/jasa secara elektronik yang diatur oleh Pemerintah yang nantinya akan memfasilitasi unit layanan pengadaan (ULP) yang saat ini masih sebagai panitia pengadaan barang/jasa dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Tujuan Pengadaan barang/jasa secara elektronik bertujuan untuk:
– Memperbaiki transparansi dan akuntabilitas
– Meningkatkan akses pasar dan persainagan usaha yang sehat
– Memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan
– Mendukung proses monitoring dan audit
– Memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time.

Di tambahkannya juga, hari ini pemkot Tomohon melaunching layanan pengadaan secara elektronik kota tomohon walaupun tahun 2011 ini masih sebagai layanan pengadaan secara elektronk dengan system service provider dari layanan pengadaan secara elektronik Kota Tomohon dapat meningkatkan layanan pengadaan secara elektronik sitem provider sendiri yang nantinya dilengkapi dengan infrastruktur penunjang untuk pemanfaatan layanan pengadaan secara elektronik. Dalam akhir sambutannya, Walikota Tomohon memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan menyampaikan terimakasih kepada lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah RI yang terus memberikan pendampingan bersama layanan pengadaan secara elektronik Prov. SULUT dan Walikota Tomohon mengharapkan dengan adanya peluncuran layanan ini proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang transparan dan terbuka, persaingan sehat serta peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan barang/jasa pemerintah dapat terwujud menuju sebuah perbaikan pengelolaan keuangan Negara.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE,Ak, dihadiri oleh Perwakilan dari LKPP-RI Ibu Arie Nughraheini, ST, Kepala Biro Pembangunan Sekretariat daerah Provinsi SULUT, Dra. Femmi Suluh, Msi, Kepala Layanan Pengadaan secara Elektronik Prov SULUT Dra. Selvi Paat, Msi, Unsur FKPD, jajaran pemerintah Kota Tomohon, Perwakilan assosiassi penyedia jasa dan para kontraktor Kota Tomohon.

Website LPSE Kota Tomohon lpse.tomohonkota.go.id

[tomohonkota.go.id]

Leave a Reply