Kenali Tips Dasar Berbelanja Online

0
92

Kenali Tips Dasar Berbelanja Online

Tempat belanja online memang sudah semakin marak dewasa ini termasuk semakin banyak pula orang yang berbelanja online sebab banyak keuntungan yang di dapat dari berbelanja online di antaranya praktis dan cepat. Belanja online memang dapat menawarkan kenyamanan yang lebih besar , pilihan yang lebih luas dan terkadang kita juga mendapatkan harga yang lebih baik.

Belanja online juga memiliki beberapa risiko, namun begitu juga halnya dengan berbelanja di toko atau tempat-tempat perbelanjaan di suatu bangunan di  pusat keramaian kota. Sebagai pembeli online, mungkin kita tidak perlu khawatir tentang membayar tempat parkir apabila kita pergi ke pusat perbelanjaan dengan menggunakan kendaraan pribadi, dipelototi oleh penjaga toko, atau tertular virus penyakit tertentu dari pembeli lainnya ketika sedang memilih barang yang dijual. Namun ada hal-hal yang patut kita waspadai pula ketika kita memilih untuk berbelanja online. Berikut beberapa tips dasar berbelanja online yang mudah-mudahan dapat membantu anda berbelanja online dengan mudah, nyaman dan aman:

1.Kenali Situs Belanja Online

Seperti halnya mengenali tempat belanja di suatu bangunan di pusat kota, tempat belanja online juga memiliki berbagai macam tampilan yang bisa kita bandingkan mulai dari layout hingga nama domain. Banyak tempat belanja online mulai dari yang menggunakan domain gratisan hingga berbayar.  Tempat belanja online yang menggunakan domain gratisan biasanya rentan digunakan untuk penipuan. Ada baiknya anda memilih untuk berbelanja online di tempat belanja online yang  tidak menggunakan domain gratisan dan sudah memiliki reputasi seperti Lamido.

2.Lihat Dukungan Layanan

Pastikan bahwa tempat belanja online yang anda kunjungi memiliki sistem dukungan layanan yang bagus dan baik seperti memiliki kontak yang dapat dan mudah dihubungi baik maelalui telepon, chat maupun email.

3.Lihat jaminan/garansi/proteksi yang diberikan

Pastikan bahwa tempat belanja online yang anda kunjungi mampu memberikan jaminan, garansi ataupun proteksi seperti halnya tempat belanja online Lamido Marketplace. Pelajari syarat dan kondisi untuk klaim garansi yang diberikan.

4.Lihat Testimoni

Tempat belanja online yang bagus dan sudah memiliki reputasi yang baik biasanya didukung pula oleh testimoni dari pelanggan yang telah atau pernah berbelanja di tempat belanja online tersebut dan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Anda bisa melihat testimoni pelanggan yang tertera di situs belanja online atau akan lebih baik lagi jika anda menemukan testimoni lewat mesin pencari, di forum-forum atau melalui fasilitas sosial media sebagai perbandingan.

5.Lihat Hubungannya Dengan Sosial Media

Tempat belanja online yang bagus dan baik biasanya terhubung dengan situs-situs sosial media seperti facebook atau twitter, hal ini selain tempat belanja online tersebut selalu terhubung dan dekat dengan pelanggan, juga memudahkan pelanggan untuk memantau berbagai perkembangan yang terjadi antara pelanggan dengan tempat belanja online tersebut mulai dari komplain, testimoni hingga mengetahui produk terbaru yang ditawarkan dan diskon yang diberikan.

6.Kenali proses pembayaran dan pengiriman

Kenali proses pembayaran yang tawarkan oleh tempat belanja online apakah transaksinya mudah dilakukan, memiliki jaminan dan aman. Begitu pula dengan proses pengiriman, apakah cepat, aman dan barang dapat tiba di tempat tujuan dengan selamat/utuh.

Dengan mengikuti beberapa tips dasar dalam berbelanja online, setidaknya membantu anda untuk dapat cukup yakin berbelanja online dan melakukan transaksi dengan aman. Semoga hal ini bermanfaat bagi anda yang ingin berbelanja online secara aman dan nyaman.

Leave a Reply