Tindakan Cepat Menangkal Flu

0
301

Sensai menggelitik terasa di tenggorokan, kepala mulai berat, badan pegal, sepertinya Anda bersiap menghadapi flu. Ada 10 cara cepat untuk menjaga gejala flu tidak semakin parah.

Orang dewasa rata-rata diserang flu tiga kali setiap tahun, masing-masing berlangsung rata-rata sembilan hari. Namun, Anda tidak harus menyerah. Berikut adalah 11 cara untuk menghentikan flu sebelum semakin parah (Yahoo).

Segera setelah Anda mulai merasakan gejala, lakukan:

1. Banyak minum air putih atau jus. Tetap terhidrasi menyembuhkan seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Berkumur dengan air garam. Untuk memerangi tenggorokan gatal, tambahkan setengah sendok teh garam untuk segelas air hangat. Garam berfungsi menarik kelebihan cairan di dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan iritasi dari belakang tenggorokan. Garam juga mengeluarkan bakteri dan virus penyebab flu.

3. Jaga hidung tetap bersih. Gunakan saline nasal spray segera setelah gejala awal flu muncul untuk mengurangi dampaknya. Lalu, mandi air hangat untuk membantu melancarkan sumbatan saluran hidung.

2 jam pertama gejala muncul, lakukan…

1. Ke toko obat. Ambil obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen. Obat-obatan alergi, seperti Zyrtec dan Benadryl membantu menghilangkan gejala seperti hidung meler dan mata berair.

2. Jauhkan obat batuk yang dijual bebas. Madu bekerja lebih baik ketimbang obat batuk. Telan satu sampai dua sendok makan madu atau bisa juga diaduk ke dalam teh hangat.

6 jam setelahnya, lakukan…

1. Istirahat bekerja. Tubuh Anda dapat melawan virus lebih baik jika beristirahat. Tapi jika Anda harus bekerja, sebisa mungkin menjauh dari rekan kerja agar tidak berbagi kuman. Cuci tangan secara teratur atau gunakan gel disinfektan berbasis alkohol.

2. Jangan lupa cairan. Minum banyak air, jus, teh, dan konsumsi sup ayam. Sup hangat meringankan gejala flu.

3. Gerakan ringan. Gerakan olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yakni gerakan yang meningkatkan detak jantung Anda hanya di bawah 100.

Pada malam hari, lakukan…

Kesempatan terakhir untuk melawan kuman. Makanan sehat menjaga sistem kekebalan tubuh, jadi pilihlah makan malam yang mencakup protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, beras merah, dan makanan kaya antioksidan seperti sayuran dan buah. Mandi air panas sebelum tidur jika Anda masih merasa sesak. Kemudian, cukupi tidur malam.

Hari berikutnya, lakukan…

Jika Anda demam, muntah, atau sakit kepala yang semakin parah, periksakan ke dokter, mungkin Anda mengalami hal selain pilek (seperti infeksi). Anda mungkin perlu obat-obatan antivirus, antibiotik, atau pengobatan lainnya.

http://lifestyle.okezone.com/read/2011/11/28/27/535151/inilah-langkah-cepat-tangkal-flu

Leave a Reply