RealPad Bunaken, Tablet Lokal Ice Cream Sandwich

0
132

PT Berca Cakra Teknologi memperkenalkan tablet Relion RealPad Bunaken. Ditilik dari spesifikasinya memang lumayan dahsyat. Seperti prosesor quad core dan sistem operasi Android 4.0 atau yang biasa disebut Ice Cream Sandwich.

Ya, spesifikasi tablet PC semacam itu belum banyak dijumpai saat ini, bahkan di produk besutan vendor global sekalipun. Apakah memang kemampuannya juga segahar spesifikasinya di atas kertas?

RealPad Bunaken memiliki ukuran layar 10 inch. Bodinya cukup solid dengan balutan metal sehingga menimbulkan kesan kokoh. Beratnya mencapai 560 gram dan ketebalan 8,4 mm. Cukup nyaman digenggam meski bodinya licin. Jadi pengguna harus berhati-hati agar tablet tidak meleset dan jatuh.

Bagian layarnya sendiri sudah menggunakan pelindung anti gores Gorilla Glass. Sebuah nilai plus yang cukup signifikan sehingga pengguna cukup tenang selama memakainya, paling tidak dapat bertahan dari goresan goresan ringan.

kompas.com

Setelah melihat tampilan RealPad Bunaken yang cukup meyakinkan ini, Tempo tak sabar membuktikan bagian dalamnya. Ketika tombol power ditekan, tampilan antarmuka Android Ice Cream Sandwich langsung muncul di layar seluas 10,1 inci.

Resolusi layarnya mencapai 1.280 x 800 dan 160 x 160 dot per inci (dpi). Ini yang membuat tampilan gambar cukup bening dan tajam, sehingga nyaman dipakai untuk bermain game atau menonton video dengan kualitas definisi tinggi.

Setelah puas dengan tampilan dan layarnya, Tempo mencoba melihat bagian dalam. RealPad Bunaken diklaim memiliki prosesor NVIDIA T30s/1 quad-core berkecepatan 1,5 GHz.

Dari pengecekan perangkat, tablet lokal ini memang memakai prosesor quad-core yang biasa dibenamkan pada tablet premium. Tempo hanya bisa geleng-geleng kepala. Ternyata tablet lokal ada yang berotak empat alias quad-core.

Namun untuk kecepatan ada sedikit perbedaan. Dari data di dalam tablet menunjukkan kemampuan maksimal tablet ini adalah 1,4 GHz bukan 1,5 GHz.

Meski begitu, dengan dukungan prosesor quad-core dan memori sebesar 1 GB, tablet ini mampu mengeksekusi perintah multitasking dengan mulus tanpa jeda berarti.

Kelebihan lain tablet ini adalah kemampuan kamera dalam menangkap gambar dengan kualitas bagus. Hanya, waktu yang dibutuhkan kamera untuk kondisi siap foto atau beralih dari mode foto ke video dan sebaliknya cukup lama.

Dalam keterangan resminya, tablet ini dilengkapi kamera utama sebesar 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. Ketika diuji, resolusi kamera mentok pada 5 megapiksel untuk foto dan video kualitas 720 piksel.

Daya tahan baterai seperti tablet pada umumnya. RealPad mampu menyala selama 7-8 jam untuk memutar video, bermain game, atau mengakses Internet tanpa henti. Adapun untuk pemakaian yang lebih ringan hanya bertahan sekitar 10 jam.

RealPad Bunaken rencananya diluncurkan pada 14 April. Harganya sekitar Rp 4,7 juta. Sebagai tablet lokal, RealPad Bunaken, diambil dari nama taman bawah laut di Manado, layak menjadi teman hiburan dan kerja.

kompas.com

SPESIFIKASI RealPad Bunaken
Prosesor: Quad-core NVIDIA T30s/1
Sistem operasi: Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich)
Layar: 10,1 inci (1.280 x 800 piksel)
Memori: 1 GB
Penyimpanan: 16 GB
Berat: Kurang dari 560 gram
Dimensi: 262,6 x 175,4 x 8,4 mm
Konektivitas: Wi-Fi; Bluetooth; slot micro-SD; SIM card; port micro USB; audio jack 3,5 mm
Harga: Rp 4,7 juta




sumber : tempo ; detik

Leave a Reply