Google Drive, Gratis Simpan 5GB Online

0
141

Setelah berada di dunia rumor cukup lama, Google Drive akhirnya resmi dirilis beberapa jam yang lalu. Layanan ini akan memberikan tempat penyimpanan berkas gratis online sebesar 5 GB yang dapat ditingkatkan hingga 1 TB dengan membayar biaya bulanan.

Antarmuka Google Drive berbasis Google Docs dan pemakainya akan bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk mengerjakan dokumen, spreadsheet, hingga presentasi. Sistem kolaborasi dan berbagi ini juga didukung dengan fitur komentar yang akan ternotifikasi jika ada yang baru.

Drive saat ini hadir dalam versi Windows dan Mac OS X untuk komputer dan dalam aplikasi Android untuk perangkat mobile. Sementara itu pengguna iPhone dan iPad juga akan segera memperoleh aplikasi ini, jika melihat informasi yang dicantumkan oleh Google.

Setelah Drive terpasang, pengguna akan memperoleh daftar semua dokumen dari Google Docs dan semua berkas dalam folder tertentu yang ada di komputer. Berkas ini juga akan terlihat dalam daftar yang ada di aplikasi mobile.

Google juga menyematkan fitur pencarian yang menjadi inti bisnisnya selama ini ke dalam Drive. Pengguna bisa mencari berkas berdasarkan kata kuncinya, jenis berkas, pemiliknya, dan seterusnya. Drive bahkan bisa mengenali teks yang berasal dari dokumen yang dipindai menggunakan teknologi OCR, bahkan hingga pengenalan gambar. Misalnya ada gambar dari bangunan terkenal seperti Colosseum, maka Drive akan bisa menemukan gambar tersebut ketika pengguna mencarinya.

Google memberikan opsi penambahan jumlah penyimpanan dengan membayar bulanan. Untuk tambahan 25GB maka pengguna harus membayar 2,49 dolar per bulan, 100 GB membayar 4,99 dolar / bulan, dan 1 TB sebesar 49,99 dolar / bulan. Bonusnya adalah jika pengguna melakukan upgrade maka jumlah ukuran penyimpanan di Gmail juga akan naik 25GB.

Untuk mendukung Drive, Google juga telah mengintegrasikannya ke layanan lain seperti Google+ dan Gmail. Google juga mengatakan bahwa pengguna nantinya akan bisa berbagi berkas dari Drive ke Google+ maupun melampirkannya langsung ke Gmail. Google juga telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan lain untuk mengintegrasikan layanan ini ke dalam produk mereka seperti Wevideo, Aviary untuk editing suara, hingga Hellofax dan Lucidchart.

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store maupun lewat web di https://drive.google.com/start#home

via GSMArena, Google,TeknoUp

Leave a Reply