Ekonomi RI Bisa Saingi China, Tapi Tercekik Infrastruktur

0
176

Jakarta – Potensi perekonomian Indonesia saat ini sebenarnya bisa menyaingi China dan India. Namun karena infrastruktur belum memadai, laju perekonomian tersendat.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden Boediono dalam penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

“Di mana-mana saya bicara dengan pelaku ekonomi, pokoknya potensi ekonomi bisa menyamai China dan India. Hanya saja tercekik dengan infrastruktur, seperti pelabuhan, listrik yang tidak mencekik lagi, tapi nanti kalau tumbuh akan berpengaruh lagi,” kata Boediono.

Karena itu, dirinya memohon dukungan dari berbagai pihak di daerah untuk bisa melancarkan program infrastruktur pemerintah seperti soal masalah lahan dan perizinan yang sering menjadi hambatan.

“Saya dengar buat buka SPBG butuh 17 izin. Bayangkan kalau proyek infrastruktur yang besar. Kita sama-sama jangan sampai ketinggalan, potensi kita jadi mubazir karena terkendala infrastruktur. Jadi mari sama-sama kita atasi. Banyak sekali masalah non uang,” jelas mantan Gubernur BI ini.

Kemudian soal kemiskinan yang terus menerus menjadi fokus pemerintah dalam pembangunan ekonominya. “Cadangan devisa terus naik tapi kalau tidak ada progres dari kemiskinan ya salah. Karena intinya adalah pembangunan manusia. Kita berikan untuk kelompok yang tidak mampu,” ujar Boediono.
(dnl/hen)

sumber : http://finance.detik.com

Leave a Reply