Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Tomohon

1
272

Tomohon.info – Bertempat di kompleks Danau Linou Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan diadakan kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kota Tomohon. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon ini dihadiri oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, MBA., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, Pemerhati Kebudayaan Kota Tomohon Bapak Judie Turambi dan Para Pengurus serta anggota kelompok sadar wisata di kelurahan Kumelembuai, Kayawu, Tumatangtang dan Pangolombian.

pokdarwis

Dalam kegiatan ini Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Kelurahan Kumelembuai, Pangolombian, Tumatangtang dan Kayawu. Dalam sambutannya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., mengatakan bahwa sektor pariwisata telah menjadi komoditi yang prospektif di kota Tomohon dengan potensi wisata alam dan budaya yang menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Namun keindahan potensi wisata yang ada tidak akan maksimal untuk menarik pengunjung apabila tidak didukung oleh keramahtamahan masayarakat. Para wisatawan merasa nyaman dengan keramahtamahan masyarakat. Waikota Tomohon mengajak para masyarakat kota Tomohon untuk menjadi masyarakat yang ramah dan menjadi masyarakat yang sadar wisata yang akan menciptakan kondisi yang nyaman dan memberikan ruang informasi serta pelayananan secara maksimal kepada wisatawan yang berkunjung ke kota Tomohon.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi mengatakan dalam laporannya bahwa kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini maksud dan tujuannnya untuk melaksanakan pembentukan dan pembinaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebagai upaya pemerintah kota Tomohon dalam mengembangkan pariwisata melalui peningkatan peran serta masyarakat, memajukan pariwisata kota Tomohon dengan menciptakan masyarakat sadar wisata yang akan menciptakan kondisi yang kondusif serta dapat memberikan ruang informasi serta pelayanan secara maksimal kepada para wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara, menyiapkan masyarakat agar semakin memiliki kapasitas dan kemandirian, serta berperan aktif dalam mendukung kepariwisataan kota Tomohon. Serta melaksanaka Sosialisasi Perwako nomor 16 tahun 2014 tentang Tata cara Pemungutan, Pembayaran, Penyetoran, Tempat Pembayaran dan Penghapusan Piutang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga untuk Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Kota Tomohon dan untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kota Tomohon. (***TIM HUMAS)

1 COMMENT

  1. perlu kerjasama dengan sekolah2 (SMK) pariwisata. keterlibatan sekolah secara otomatis melibatkan para siswa jurusan pariwisata / perhotelan / UPW

Leave a Reply