AS: Iran Tembak Jatuh Pesawat pengintai tak Berawak

0
170

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL – Media Iran melaporkan pada hari Ahad menyatakan militer negara mereka telah menembak jatuh pesawat pengintai AS di Iran timur.  “Militer Iran telah menjatuhkan sebuah RQ-170 pesawat tak berawak Amerika di mengganggu Iran timur,” kata media Arab Al Alam Iranmengutip sumber militer.

Namun seorang pejabat AS mengatakan tidak ada indikasi pesawat itu ditembak jatuh. Misi pimpinan NATO di Afghanistan mengatakan laporan Iran bisa merujuk ke sebuah pesawat mata-mata AS bersenjata yang hilang di sana minggu lalu.

Insiden itu terjadi pada saat Teheran berusaha menahan kemarahan asing pada penyerbuan kedutaan Inggris pada Selasa, setelah London mengumumkan sanksi terhadap bank sentral Iran sehubungan dengan program pengayaan nuklir Iran.

Seorang pejabat AS, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan, “Sama sekali tidak ada indikasi sampai ke titik ini bahwa Iran menembak jatuh pesawat mata-mata.”

Penyerbuan kedutaan Inggris menarik kecaman cepat dari seluruh dunia, membuatnya lebih mengisolasi Iran. Inggris mengevakuasi staf diplomatik dari Teheran dan mengusir diplomat Iran dari London sebagai pembalasan. Beberapa anggota Uni Eropa lainnya seperti Jerman, Perancis, dan Spanyol juga mengingat duta besar mereka di Teheran.

[yahoo news]

Leave a Reply