Pria, Waspadalah dengan Penyakit-penyakit Ini!

0
238
(Foto: thinkstock)

Dibanding wanita, pria memang lebih mudah terserang penyakit karena gaya hidup yang tidak sehat dan tingkat stres yang tinggi. Setidaknya ada 5 jenis penyakit serius yang perlu diwaspadai pria.

Dari beberapa indikator, pria ternyata memiliki status kesehatan yang lebih buruk dibandingkan wanita. Angka kematian pria pun lebih tinggi dibandingkan wanita.

Berikut 5 penyakit paling top yang perlu diwaspadai pria, terlebih pada usia 30-an tahun, seperti dilansir boldsky, Selasa (5/6/2012):

1. Penyakit jantung
Istilah penyakit jantung untuk pria dapat mencakup berbagai kondisi yang berbeda seperti angina, penyumbatan dan lain-lain. Pria memiliki jantung yang lemah dan penyakit jantung pada pria jelas yang paling fatal. Meski tak ada bukti medis, tapi pria cenderung lebih mudah kena penyakit jantung dibanding wanita.

Kadar kolesterol yang tinggi paling sering menjadi penyebab penyakit jantung pada pria. Bila sebelumnya kadar kolesterol tinggi pada usia 40-an, kini kolesterol tinggi sudah banyak diderita pada usia 30-an.

2. Stroke
Serangan jantung dan stroke bukanlah hal yang sama, meskipun penyebabnya saling berhubungan. Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus dan menyebabkan sel-sel otak menjadi kelaparan. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan kehidupan yang penuh stres, maka Anda berada di bawah risiko tinggi untuk stroke.

3. Kanker paru
Ini adalah kanker yang paling umum pada pria. Jika wanita meninggal karena kanker serviks, pria menyerah pada kanker paru. Bertahun-tahun merokok dan tingkat polusi yang meningkat bertanggung jawab menjadikan penyakit ini menjadi epidemi. Anda mungkin tidak dapat melarikan diri dari polusi, tetapi gaya hidup ada di tangan Anda. Berhentilah merokok sekarang juga!

4. Diabetes
Diabetes secara umum adalah salah satu masalah kesehatan utama tetapi untuk pria datang lebih cepat dari wanita. Wanita bisa terlindungi dari diabetes sampai mencapai usia menopause karena pengaruh hormon wanita estrogen, yaitu hormon reproduksi yang membantu mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.

Pria memiliki sangat sedikit hormon ini dan dengan demikian menjadi mangsa diabetes lebih cepat dari wanita.

5. Impotensi
Meskipun Anda tidak dapat menyebutnya sebagai penyakit dalam arti ketat, impotensi adalah penyakit yang sangat umum terjadi pada pria saat ini. Berbagai gangguan seperti jumlah sperma rendah, disfungsi ereksi, menghentikan pria dari menjalani hidup keluarga yang sehat. Ini semua adalah produk dari gaya hidup tidak sehat dan stres tinggi.

sumber

Leave a Reply