Makanan yang Bisa Atasi Berbagai Tipe Bad Mood

0
240

Tenang, jangan terburu panik! Makanan-makanan ‘penghilang’ mood buruk ini terbukti menyehatkan dan tak membuat berat badan naik secara drastis. Seperti yang dikutip dari womansday, ini dia enam makanan dan minuman yang bisa bantu atasi berbagai tipe ‘bad mood’.

1. Stres: Dark Chocolate

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa dark chocolate dapat membantu mengurangi hormon stres. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Swiss dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwa memakan sepotong kecil dark chocolate dapat menurunkan tingkat kortisol –hormon stres– dan kolamin, mengurangi kecemasan, serta menambah energi.

2. Lesu & Tak Bisa Berkonsentrasi : Bayam

“Lupakan kopi dan makanlah salad bayam. Tingginya kadar homocysteine –asam amino yang diproduksi tubuh– berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah, dan menggangu aliran darah ke otak sehingga membuat Anda lesu, lambat memproses atau mengingat informasi,” ujar Dr. Joanna Dolgoff, MD penulis buku ‘Red Light, Green Light, Eat Right’. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau atau kacang polong. “Asam folat bantu tubuh memproses tingkat homocysteine menjadi lebih rendah,” jelas Dolgoff.

3. Kesal: Apel dengan Selai Kacang

Merasa kesal dan mudah tersinggung, bisa menjadi tanda bahwa Anda kekurangan energi. Menurut Dr. Dolgoff, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein adalah cara mengatasi rasa kesal. Karbohidrat adalah sumber energi yang cepat terbakar, sedangkan protein dan lemak dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat kadar gula dan energi stabil untuk waktu lebih lama. Dr. Dolgoff menyarankan agar memakan apel yang dibalut dengan selai kacang, karena apel adalah karbohidrat kompleks dan selai kacang merupakan lemak sehat.

4. Gelisah: Salmon

Saat Anda merasa khawatir mengenai keuangan, interview kerja atau apa saja, cobalah mengonsumsi salmon. Ikan yang satu itu merupakan sumber omega 3 paling tinggi, dan kandungan tersebut bisa membantu mengurangi kecemasan. “Memakan secara rutin omega 3 baik untuk pencegahan serta pengobatan depresi secara klinis. Omega 3 juga membantu mengurangi amarah dan rasa mudah tersinggung,” jelas Stephen Ilardi, PhD, penulis buku ‘The Depression Cure’.

5. Marah: Teh Hijau

Apapun penyebab marah Anda, solusinya cukup dengan meminum secangkir teh hijau. Menurut Jacob Teitelbaum, MD peneliti dan pakar nutrisi mengatakan,” Teh hijau mengandung theanine, yang dapat menenangkan Anda dan membatu mempertahankan konsentrasi serta fokus.”

6. Sedih: Sereal Gandum Utuh & Susu Rendah Lemak

Saat Anda merasa kesedihan, numgkin saja karena Anda kekurangan vitamin D. “Nutrisi ini memiliki peran dalam tubuh, salah satunya membantu produksi serotonin –hormon yang membuat senang–,” ujar Dr Dolgoff. Jika Anda sedang tidak ingin memakan sereal, meminum suplemen kalsium dan vitamin D bisa menjadi alternatif lain. (eya/eya)

sumber :  wolipop.detik.com

Leave a Reply