TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL 2012

0
394

A. LATAR BELAKANG 
Dewasa ini perkembangan pariwisata sudah sedemikian pesat dan terjadi suatu fenomena yang sangat global dengan melibatkan jutaan manusia baik di kalangan masyarakat, industri pariwisata maupun kalangan pemerintah. Pariwisata telah menjadi salah satu sektor andalan bagi sumber penerimaan devisa non migas untuk negara-negara di dunia. Kondisi ini juga berlaku di negara kita Indonesia, di mana masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota mulai giat membenahi dan memajukan sektor pariwisata yang dimilikinya.

Pariwisata merupakan salah satu domain ekonomi yang tidak berdiri sendiri, tetapi saling berhubungan erat dengan sektor-sektor lainnya seperti kebudayaan, perdagangan, investasi dan produk-produk unggulan daerah lainnya seperti florikultura. Untuk mengelola dan mengembangkan sektor-sektor ini, diperlukan suatu media promosi yang dapat memperkenalkan dan memasarkan pelbagai potensi yang dimiliki oleh setiap daerah baik Kota maupun Kabupaten di seluruh Indonesia, agar segenap potensi yang dimiliki dapat bermanfaat bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi masayarakat baik lokal maupun nasional.

Dengan karakteristik wilayah dan klimatologisnya, Tomohon memiliki berbagai potensi pariwisata di antaranya objek wisata alam dan objek wisata budaya serta beragam atraksi wisata. Kekayaan dan keunikan alam yang dimiliki oleh Kota Tomohon dan ditopang oleh ketersediaan akomodasi seperti Hotel, Cottage dan fasilitas publik menjadi modal bagi Tomohon untuk menyelenggarakan event-event yang berskala nasional dan internasional seperti : Tomohon Flower Festival 2008, Tomohon International Choir Competition 2009, Citynet 2009 dan Tomohon International Flower Festival 2010.

Dalam rangka mendukung program pemerintah Woderful Indonesia menuju peningkatan arus kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara dan untuk mempromosikan segenap potensi daerah di seluruh Indonesia, maka Pemerintah Kota Tomohon akan menyelenggarakan kembali event Tomohon International Flower Festival 2012.

B. MAKSUD DAN TUJUAN 

  • Memberi wadah bagi Pemerintah Daerah baik, Kota maupun Kabupaten serta para stakeholder (pemangku kepentingan) pariwisata dan sektor terkait lainnya untuk melakukan promosi pariwisata, perdagangan, investasi, florikultura dan sektor-sektor yang menjadi unggulan daerahnya masing-masing.
  • Mendukung program pemerintah pusat Wonderful Indonesia khususnya dalam rangka meningkatkan arus kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara.
  • Memfasilitasi kerjasama / net working antar Pemerintah Kota dan Kabupaten se Indonesia khususnya dalam bidang pariwisata, perdagangan, investasi dan florikultura.

C. SASARAN

  • Menjadikan event Tomohon International Flower Festival 2012 sebagai wadah promosi pariwisata, perdagangan, investasi dan florikultura bagi Kota-Kota dan Kabupaten se Indonesia.
  • Terdorongnya kerjasma promosi antar Pemerintah Kota / Kabupaten se Indonesia
  • Meningkatnya kunjungan wisata baik mancanegara maupun nusantara.

D. MATERI KEGIATAN DAN JADWAL PELAKSANAAN 

Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 berisi 4 (empat) agenda kegiatan, yakni :

  1. Tournament of Flower (ToF)
    Event bertaraf international, berupa pawai kendaraan yang berhiaskan bunga yang akan diikuti oleh Kota/Kabupaten di Indonesia dan perwakilan Negara sahabat.
  2. Kontes Ratu Bunga
    Bertaraf nasional yang akan diikuti oleh utusan putri-putri terbaik dari Kota/Kabupaten se Indonesia.
  3. Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura
    Kegiatan exibhition bertaraf nasional untuk mempromosikan potensi Kota/Kabupaten se Indonesia dalam bidang pariwisata, perdagangan, investasi dan florikultura.
  4. Festival Seni Budaya Nusantara
    Menampilkan pelbagai potensi seni budaya nusantara oleh peserta dari Kota/Kabupaten se Indonesia.

E. TEMPAT DAN LOKASI PENYELENGGARAAN 
Diselenggarakan sepenuhnya di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

F. TARGET PESERTA 
Kota-Kota yang tergabung dalam APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dan Kabupaten-Kabupaten yang tergabung dalam APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) serta 15 Kabupaten dan Kota se Provinsi Sulawesi Utara, BUMN,BUMD dan Perusahaan Swasta.

G. TARGET UNDANGAN DAN PENGUNJUNG 
Ditargetkan 20.000 pengunjung dengan Undangan sebagai berikut :

VVIP :
1. Presiden RI bersama Ibu
2. Wakil Presiden RI bersama Ibu

VIP :
– Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II
– Para Gubernur se Indonesia
– Para Bupati dan Walikota se Indonesia
– Para Bupati dan Walikota se Sulawesi Utara

Umum :
– Investor Luar Negeri dan Domestik
– KADIN Pusat dan KADINDA Sulut
– Wisatawan Mancanegara dan Domestik
– Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama
– Mahasiswa dan Pelajar
– Masyarakat Umum
– Lain-lain

PELAKSANA 
Pemerintah Kota Tomohon.

SEKRETARIAT DAN CONTACT PERSON
Sekretariat : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon
Alamat : Jl. Raya Tomohon Kakaskasen Tiga, Kompleks Eks Rindam,
Telp/Fax (0431) 351 706 Kode Pos 95417
Email : budpar.tomohon@yahoo.com 
Contact Person :
– Drs. Gerardus E. Mogi (Kepala Dinas Budpar) HP 081340057824
– Djon S. Liuw, S.Pi (Kabid Pariwisata) HP 081340195779
– Wulan Roeroe,SE,M.Si HP 081340009575
– Ingrid Munaiseche, ST HP 085343540477
– Chrisnaldus Roring, SE.Par HP 085240540897

PENDAFTARAN PESERTA 
– Pendaftaran peserta dilakukan dengan mengisi dan menandatangani formuir keikutsertaan dan mengirimkan kembali ke Sekretariat Panitia
– Formulir keikutsertaan dapat disetujui oleh Panitia Penyelenggara apabila telah memenuhi syarat yang telah ditentukan.
– Technical Meeting akan dilaksanakan 1 (satu) minggu sebelum pembukaan kegiatan.

LAIN-LAIN 
Informasi selengkapnya mengenai teknis untuk masing-masing kegiatan akan kami sampaikan kemudian.

TOMOHON FLOWER FESTIVAL DARI WAKTU KE WAKTU

  • Tomohon Flower Festival 2008 event berskala nasional, berisi 12 (dua belas) dengan iconnya adalah Tournament of Flower (Pawai Kendaraan Hias) yang diikuti oleh 46 Kota se Indonesia
  • Tomohon International Flower 2010, event berskala internasional berisi 3 (tiga) kegiatan yakni Kontes Ratu Bunga, Tomohon International Flower Festival dengan puncak acaranya adalah Tournament of Flower (ToF) yang diikuti oleh 82 peserta diantaranya 5 (lima) negara sahabat yakni : Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India dan Rusia. Dihadiri Direktur Malaysia Tourism Promotion Board, Mr.Jamil Darus.
  • Tomohon International Flower Festival 2012, event berskala internasional akan dihadiri oleh Kota-Kota anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dan Kabupaten-Kabupaten anggota APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), BUMN, BUMD dan Instansi Swasta. Berisi 4 (empat) kegiatan yaitu : Tournament of Flower (ToF), Kontes Ratu Bunga, Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura dan Festival Seni Budaya Nusantara.


sumber : Dinas Pariwisata Kota Tomohon tomohonkota.go.id

Leave a Reply