Tomohon.info – Tomohon Destinasi Wisata Gunung Berapi Sulawesi Utara menjadi salah satu destinasi wisata bagi jutaan komunitas pecinta gunung berapi dunia, Sumber Daya Manusia segera disiapkan mengantisipasi hal tersebut. Kota Tomohon mendapat julukan Kota Pariwisata yang didalamnya terdapat beragam obyek wisata alam,
wisata pegunungan, wisata bunga, danau, hutan dan Wisata Gunung Api serta wisata petualangan.

Mengantisipasi melonjaknya kunjungan wisatawan baik pencinta Gunung Berapi dan Fotografi Gunung Berapi yang menjadikan Tomohon sebagai lokasi favorit. Maka pembenahan dalam berbagai segi terus dilakukan secara berkesinambungan termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia serta koordinasi antar stakeholder pariwisata melibatkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulawesi Utara didalamnya DPC HPI Tomohon yang terus berkarya.

Untuk itu kegiatan memberikan pengetahuan dan pembekalan bagi Para “Pemandu Gunung Berapi dan Fotografi Gunung Berapi” akan dilaksanakan Dewan Pimpinan Daerah Sulawesi Utara HPI bersama Dewan Pimpinan Cabang
Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang Kota Tomohon, Manado, Bitung dan Minahasa akan menggelar Pembekalan ini yang akan dilaksanakan pada hari Jumat 18 Maret 2016  jam 14.00 Wita yang bertempat di Aula Museum Propinsi Sulawesi Utara samping Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sulut.

Pembekalan Pemandu Gunung Api dan Fotografi Gunung Api akan menampilkan pembicara utama DR Inggrid Smed yang adalah ahli Geologi dari Belgia, bersama Adi Susanto selaku The Principal volcano expedition organizer for Volcano discovery in Indonesia (Ketua organisasi expedisi Gunung Api bagi Penjelajahan Gunung Api di Indonesia). Membawakan materi kegiatan “pembekalan mengenai wawasan gunung berapi dan teknik memandu dan pembekalan mengenai fotografi gunung berapi secara umum”. Dalam kegiatan ini terundang kepada siapa saja yang berminat mengetahui tentang teknik memandu di Gunung Berapi dan teknik foto gunung api kata ketua DPD HPI Sulawesi Utara Roy Berty Koleangan melalui divisi Humas  Rey Mawikere.

Keikutsertaan pada kegiatan ini gratis dan dibawakan oleh para pakar pemandu Gunung Berapi Dunia. Hal ini juga untuk mengantisipasi kunjungan para pendaki dan peneliti Gunung Api dari berbagai penjuru dunia yang jumlahnya jutaan dan merupakan potensi penting dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan dan pariwisata yang memiliki dampak luas dalam kehidupan dan perekonomian masyarakat.

Pembekalan ini merupakan persiapan untuk pelatihan pemandu gunung api di Sulawesi Utara yang nantinya akan berdampak luas bagi kemajuan pariwisata di Sulawesi Utara. Oleh karena itu dihimbau kepada seluruh masyarakat, pemuda yang berminat mengikuti kegiatan ini agar hadir pada pelaksanaan kegiatan ini. Guna menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam menunjang kepariwisataan yang ada di Kota Tomohon.

Selanjutnya salah satu anggota Himpunan Pramuwisata Tomohon Djufry Rorong S Sos mengatakan bahwa Kota Tomohon merupakan daerah tujuan wisata Gunung Berapi dan Fotografi Gunung Api karena memiliki dua Gunung Berapi yang masih aktif yaitu Gunung Api Lokon dan Gunung Api Mahawu, serta memiliki pusat pengamatan Gunung Api yang telah menjadi lokasi kunjungan umum para wisatawan nusantara dan mancanegara untuk memperoleh informasi terkini tentang aktivitas gunung api.

Tomohon juga menjadi tempat yang ideal untuk memulai penjelajahan dan wisata gunung berapi yang ada di Sulawesi Utara karena iklimnya yang sejuk lokasinya yang strategis dan masyarakatnya ramah. Begitu juga dengan jarak menuju tempat pendakian awal untuk Gunung Berapi Soputan yang adalah gunung api tertinggi di Sulawesi utara hanya berjarak 23 km dan dapat ditempuh berkendaraan selama 43 menit. Begitupun dengan jarak tempuh ke lokasi- lokasi wisata lainnya yang sangat dekat dengan akses jalan yang baik. Mari gunakan kesempatan ini untuk bekal pengetahuan dan keterampilan bagi kesejahteraan. (Tim Humas)

Leave a Reply