Tomohon.Info –  Kamis 28/04/2016 – Grand Final Pemilihan Putra Putri Tomohon 2016 Diadakan di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon. Pemilihan yang diselenggarakan oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon ini dihadiri oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (Juri Kehormatan), Putri Pariwisata Indonesia 2015 Digna Faradiba (Tim Juri), Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR. Drs. Arnold Poli, SH. MAP., Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sulawesi Utara Ibu Voura Kumendong (Tim Juri), Ketua Ikatan Putra Putri Tomohon dr. John Lumopa (Tim Juri), Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Pimpinan Wale Batik Minahasa) Veldy Umbas (Tim Juri), Akademisi Grace Nelwan (Tim Juri), Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos. M.Si. (Tim Juri), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Mariam Rau, SH., Wakil Pimpinan Cabang Bank SulutGo Tomohon Rina Legoh-Sigar, Para Duta Daerah se- Sulawesi Utara, Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon, Para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon dan Para Orang tua Finalis Putra Putri Tomohon 2016.

Dalam Grand Final Pemilihan Putra Putri Tomohon 2016 yang spektakuler dan meriah ini menghasilkan pemenang Putra Putri Tomohon 2016 yaitu Putra Tomohon 2016 Jovial Timbuleng utusan kelurahan Matani III dan Putri Tomohon 2016 Patrisia Agatha Turambi utusan Kelurahan Taratara.

Walikota Tomohon yang dalam sambutannya dibacakan oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengatakan bahwa Pemilihan Putra Putri Tomohon tahun 2016 ini harus menjadi sebuah ajang yang berkualifikasi dan bukan gelaran semata tanpa nilai. Pemyelenggaraan  event ini merupakan sebuah penegasan akan konsistensi dan dukungan pemerintah yang senantiasa memberi ruang bagi segala bentuk kreativitas dan aktualisasi diri dari talent-talent generasi muda yang positif dan inovatif. Ekspektasi Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon agar melalui Pemilihan Putra Putri Tomohon 2016, dapat terjaring dan tersaring putra-putri yang cerdas baik secara spiritual, emosional maupun intelektual, berdaya saing, bermental juara dan berkepribadian serta memiliki integritas yang dapat menjadi representasi generasi muda Kota Tomohon pada umumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Mariam Rau, SH., dalam laporannya mengatakan bahwa Pemilihan Putra Putri Tomohon 2016 menyasar wakil-wakil terbaik dari 44 Kelurahan se- Kota Tomohon. Terjaring pada tahap pendaftaran 54 peserta yang terseleksi menjadi 15 pasang peserta melalui tes lisan/tulisan/technical meeting yang kemudian mengikuti sesi pemotretan di Bukit Wawona Rurukan. Adapun ke- 15 pasang Finalis Putra Putri Tomohon 2016 masuk karantina bertempat di Wenas Retreat House di kelurahan Matani I. Disela-sela kegiatan di karantina para finalis juga menyempatkan melakukan anjangsana ke Panti Sayap kasih Woloan dan talent show di lokasi pusat kuliner. Materi-materi selama karantina adalah sebagai berikut : Kepemudaan dan pengenalan Ikatan Putra Putri Tomohon, Good Governance, Developing of Culture and Tourism, Bahaya Narkoba, IMS dan HIV/AIDS, Public Speaking dan Etika Kepribadian, Kamtibmas, Enterpreneur, Beauty Class, Table Manner dan English Class, Psikotes, Interview, dan Gala Dinner bersama Putri Pariwisata Indonesia 2015 Digna Faradiba serta Grand Final Pemilihan Putra Putri Tomohon 2016 di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon.

Putra Tomohon 2016 : Joval Timbuleng

Putri Tomohon 2016 : Patrisia Agatha Turambi

Wakil I Putra Tomohon 2016 : Abraham Omega Paat

Wakil I Putri Tomohon 2016 : Airin Mariansye Posumah

Wakil II Putra Tomohon 2016 : Alvalino Riclef Kasenda

Wakil II Putri Tomohon 2016 : Erika Sisilia Wenas

Harapan I Putra Tomohon 2016 : Gabriel Edgar Yordan Rogi

Harapan I Putri Tomohon 2016 : Flamanda Jeine Tampomuri

Harapan II Putra Tomohon 2016 : Junior Meigel Rundengan

Harapan II Putri Tomohon 2016 : Gabriela Trulicia Talia Pontoh

Putra Intelegensia 2016 : Pascal Andre Rampengan

Putri Intelegensia 2016 : Wynnie Esther Jona Tombuku

Putra Berbakat 2016 : Jency Kurnianto Ulfers Wokas

Putri Berbakat 2016 : Gebiany Fiona Wulur

Putra Persahabatan 2016 : Gideon Carlos Paat

Putri Persahabatan 2016 : Priscilia Benedicta Poluakan

Putra Fotogenik 2016 : Leonard Adam Anugerah Liuw

Putri Fotogenik 2016 : Ceyzia Amazing Grace Langi

Putra Favorit 2016 : Schwarz Fabrie Sparsi Liuw

Putri Favorit 2016 : Felia Abigael Gracella Paransi

Putra Eco Kreatif 2016 : Samuel Wailan Leonard Wanget

Putri Eco Kreatif 2016 : Jennifer Korompis

Putra Kreasi Batik 2016 : Jolio Mario Meloh

Putri Kreasi Batik 2016 : Gratia Dei Eklesia Mandagi

Leave a Reply