KOTA TOMOHON JADI YANG PERTAMA DI SULUT, TERIMA “HARMONY AWARD”

0
287

TOMOHON – Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, terima penghargaan “HARMONY AWARD” sebagai bentuk apresisiasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama kepada Kepala Daerah dalam rangka penguatan Kerukunan Antar Umat Beragama di Indonesia, bertempat di Mercure Convention Center Jakarta, Minggu, 26/02.

Kota Tomohon terpilih sebagai salah satu penerima “Harmony Award” dari 400-an Kota/Kabupaten di Indonesia sebagai penghargaan Anugerah Kerukunan Umat Beragama yang penilaiannya dilakukan oleh Tim Assessment Kementerian Agama Republik Indonesia.

Penilaian dan pemberian penghargaan Harmony Award ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Tahun 2017 ini, Kota Tomohon berada di peringkat ke-2 Nasional yang tahun sebelumnya berada di posisi ke-5, sehingga mendapat kesempatan pertama di Provinsi Sulawesi Utara sebagai penerima penghargaan Anugerah Kerukunan Umat Beragama.

“Penghargaan ini dipersembahkan kepada Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon, yang didalamnya ada tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat dan semua komponen yang berkarya dalam mengukir kekerabatan dan kerukunan yang baik, memantapkan predikat Kota Tomohon sebagai Kota Religius”, ungkap Walikota JFE dengan penuh rasa syukur.

Sembari berterima kasih kepada pemerintah dan komponen masyarakat, Walikota mengharapkan bahwa “Dengan diterimanya penghargaan Harmony Award ini akan menambah motivasi dan semangat kita semua dalam menjaga, memelihara dan mempertahankan kerukunan hidup yang nyaman dan tentram terutama saling menghormati dan menghargai antar umat beragama sambil memperkuat wadah-wadah keagamaan dan menjadi teladan bagi daerah-daerah lain di Indonesia”, tutur Walikota kebanggaan masyarakat Tomohon ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FKUB Kota Tomohon, Pdt. Joy Palilingan bersama Kepala Kantor Departemen Agama Kota Tomohon, Evangeline Sepang yang turut hadir pada acara tersebut, memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Walikota Tomohon atas penghargaan Harmony Award yang diterima.

Adapun Daerah yang menerima penghargaan ini terdiri dari 3 Gubernur dan 7 Walikota/Bupati dari sekian banyak daerah yang ada di Indonesia, yaitu :
Gubernur Kalimantan tengah, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur papua, Bupati Jayapura, Bupati Purwakarta, Bupati Tabanan, Bupati Banyuwangi, Bupati Alor, Walikota Sungai Penuh dan Walikota Tomohon sebagai satu-satunya di SULUT.

Penghargaan Harmony Award diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, dan turut hadir mendampingi walikota Tomohon: Ketua FKUB, Pdt. Joy Palilingan, Kepala Kantor Depag Kota Tomohon, Evangeline Sepang; Kepala Badan Kesbangpol, Jusak Pandeirot; Kabag Kesra, Laurens Kawuwung dan Kabag Humas dan Protokol Christo Kalumata, SSTP.

Leave a Reply